Ingin Buat NPWP? Cek Persyaratannya Berikut Ini!

By | Agustus 18, 2020

Persyaratan membuat NPWP merupakan hal yang agaknya harus diketahui setiap wajib pajak. Pasalnya, dengan kepemilikan NPWP seorang wajib pajak akan mendapatkan berbagai kemudahan.  Namun, beberapa orang sepertinya belum mengetahui apa itu NPWP dan kegunaannya. Sehingga mereka sering merasa tidak perlu membuat NPWP. Padahal NPWP ini sangat penting juga untuk keberlangsungan berbagai usaha.

Jadi, NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor identifikasi wajib pajak yang diberikan oleh DJP atau Direktorat Jenderal Pajak. Berdasarkan perundang-undangan di bidang perpajakan, NPWP ini wajib dimiliki oleh semua wajib pajak di Indonesia yang berpenghasilan. Lalu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembuatan NPWP?

Persyaratan Pembuatan NPWP di Kantor Pelayanan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak telah memberikan berbagai kemudahan dalam pembuatan NPWP. Salah satunya adalah memberlakukan pembuatan NPWP secara online tanpa dipungut biaya. Namun, jika rumah Anda dekat dengan kantor pajak, tak ada salahnya datang langsung ke kantor. Berikut ini persyaratan membuat NPWP di Kantor Pelayanan Pajak:

  • Bagi Wajib Pajak Pribadi yang sedang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas, berkas yang harus dibawa adalah KTP bagi Warga Negara Indonesia. Sedangkan jika yang mengajukan pembuatan NPWP adalah Warga Negara Asing maka harus dibawa adalah Paspor dan KITAS atau KITAP.
  • Bagi Wajib Pajak Pribadi yang sedang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas selain membawa kartu identitas diharuskan membawa dokumen izin kegiatan usaha. Surat izin tersebut harus diterbitkan oleh instansi yang berwenang. Jika belum memilikinya, maka diperkenankan untuk membawa surat keterangan tempat usaha atau pekerjaan bebas dari pejabat pemerintahan daerah.

Persyaratan Pembuatan NPWP Secara Daring/Online

Jika rumah Anda jauh dari Kantor Pelayanan Pajak, mengajukan NPWP secara online merupakan pilihan yang tepat. Anda hanya perlu menyiapkan smartphone dan juga koneksi internet yang stabil untuk membuat NPWP. Caranya juga tak kalah mudah dari pembuatan NPWP secara offline.

Pertama Anda harus masuk ke ereg.pajak.co.id kemudian mengikuti panduan yang tersedia. Jika kurang jelas Anda juga bida menghubungi Kring Pajak di nomor 1500-200 untuk mendapatkan panduan pengisian formulir secara online. Namun, jika Anda belum pernah terdaftar di ereg.pajak.co.id maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu. caranya yaitu:

  1. Pilih opsi “Daftar” pada kalimat “Klik Daftar untuk Mendaftar”.
  2. Kemudian masukkan alamat email yang masih aktif.
  3. Jika sudah, cek email Anda dan buka pesan yang masuk dari e-registration.
  4. Dari pesan tersebut Anda bisa langsung melakukan pendaftaran dengan klik isi pesan dan mengikuti panduan pendaftarannya.

Nah, itu tadi persyaratan pembuatan NPWP baik secara offline maupun online. Setelah membuat NPWP, untuk membantu pengelolaan keuangan, Anda bisa mengunduh aplikasi BukuKas di Play Store maupun AppStore. Dengan aplikasi akuntansi tersebut Anda bisa memonitor sekaligus mengatur arus kas secara lebih baik. Tentu saja lebih praktis dan memudahkan Anda dalam memonitor keuangan bisnis kapan saja dan dimana saja. Untuk informasi lebih jelasnya kunjungi www.bukukas.co.id. Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *