Mengenal Nvidia Geforce Sekaligus Cara Mengoptimalkan Kegunaannya

By | April 5, 2020

Beragam teknologi kini hadir semakin canggih. Tak hanya di bidang komunikasi saja, beragam produk bidang hiburan guna mengoptimalkan sebuah game juga telah dihadirkan oleh sebuah perusahaan produsen prosesor grafis asal Amerika Serikat. Inilah Nvidia Geforce sekaligus cara mengoptimalkan kegunaannya.

Mengenal Nvidia Geforce

Nvidia merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi prosesor grafis, kartu grafis, media dan alat-alat komunikasi yang digunakan untuk komputer pribadi, dan konsol permainan Sony Playstation 3.  Perusahaan yang didirikan oleh Jen-Hsun Huang, Chris Malachowsky, Curtis Priem ini memiliki kantor pusat di Santa Clara, California, Amerika Serikat.

Meskipun begitu kini perusahaan ini sudah beroperasi di seluruh wilayah dunia. Sedangkan Geforce sendiri merupakan sebuah seri dari produk Nvidia yang paling terkenal untuk bermain dalam permainan komputer. Adapun beragam pelengkap yang mendukung kinerja Geforce salah satunya yaitu Geforce Experience.

Geforce Experience merupakan aplikasi pelengkap untuk salah satu seri kartu grafis Geforce yaitu Geforce GTX. Aplikasi tersebut memastikan agar driver Anda terus diperbarui, mengoptimalkan pengaturan game secara otomatis, dan memberikan cara termudah untuk membagikan momen bermain game terbaik Anda bersama partner Anda.

Geforce Experience memberikan pengaturan optimal untuk lebih dari 350 jenis games. Parameter utama yang perlu dipertimbangkan untuk memperoleh pengaturan game yang optimal adalah GPU, CPU, dan resolusi. Hal lain yang memiliki peraturan minimum adalah bagian RAM dan OS system yang dimiliki perangkat.

Cara Mengoptimalkan Kegunaannya

Setelah diketahui driver Nvidia sudah ter-instal pada perangkat Anda, maka akan tersedia Nvidia control panel pada desktop perangkat Anda. Hal tersebut berguna untuk mengatur beberapa pengaturan grafis. Guna bermain game perlu beberapa optimalisasi pada control panel ini.

Buka Nvidia control panel selanjutnya Anda bisa klik Manage 3D Settings. Optimalisasi pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengubah preferred graphics processor dari yang tadinya auto-select menjadi high-performance Nvidia processor.

Hal tersebut ditujukan agar aplikasi yang membutuhkan graphics intensif langsung di-handle oleh kartu grafis asal nvidia itu sendiri. Di akhir pengaturan jangan lupa klik Apply untuk menyimpan settingan. Selanjutnya Anda bisa klik bagian pengaturan PhysX dan mengubah Select a PhysX processor ke kartu grafis yang tersedia pada laptop Anda.

PhysX merupakan teknologi yang disediakan oleh Nvidia Geforce untuk memberikan tampilan game yang lebih realistis. Kemudian buka bagian Geforce Experience kembali lalu klik Icon pengaturan yang terdapat pada tampilan sudut kanan atas.

Pastikan tab “general” di kiri aktif, matikan in-game overlay untuk mengurangi beban GPU dan CPU perangkat Anda. Fitur in-game overlay memungkinkan Anda dapat  melakukan siaran langsung saat bermain Game. untuk memaksimalkan kinerja grafis Nvidia, Anda perlu mematikan fitur battery boost  pada menu games.

Nvidia akan memberikan pengaturan secara otomatis kepada game-game yang termasuk dalam  dukungannya. Pengaturan pada game akan dioptimalkan sesuai dengan spesifikasi PC yang Andai pakai. Adapun cara manual yang dapat Anda lakukan untuk membuat pengaturan sesuai keinginan Anda.

Langkah utamanya adalah klik kanan pada game yang akan dimainkan kemudian akan ditampilkan option run with graphics processor – high – performance Nvidia processor (default) option ini memungkinkan game dapat dijalankan dengan mulus menggunakan kartu grafis discrete.

Dengan menggunakan pengaturan tersebut di atas memungkinkan Anda untuk mendapatkan performance tambahan dan pengaturan paling optimal dari perangkat komputer atau laptop yang Anda gunakan.

Pada dasarnya perangkat komputer atau  laptop yang dikhususkan untuk menjalankan grafis yang tinggi seperti game-game HD maupun pengolahan gambar sudah dibekali dengan dua buah VGA yakni vga internal atau bawaan berupa intel hd graphics dan vga eksternal berupa nvidia.

Demikianlah seluk beluk mengenai kecanggihan produk nvidia. Produk Nvidia Geforce terbaru dapat Anda beli secara online melalui blibli.com. Produk berkualitas dengan harga terjangkau dan tersedia garansi untuk setiap pilihannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *