Lion Air Jt 610 Jatuh Di Tempat Karawang, Berikut Beberapa Fakta Yang Berkumandang

By | Agustus 18, 2019

Pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta – Pangkal Pinang sudah dipastikan tidak mencapai tujuan, sebab dipastikan jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, sesudah 13 menit dari lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat yang ditumpangi sebanyak 178 penumpang dengan tujuh awak pesawat ini mempunyai kemungkinan kecil untuk selamat. Bahkan Humas Basarnas Yusuf Latif pun juga berujar demikian, sebab memang kemungkinan kecil untuk penumpang ada yang selamat.

Saya belum tahu (kemungkinan korban selamat), ini keajaiban jikalau ada yang hidup,” kata pejabat Humas Basarnas Yusuf Latif di kantornya, Kemayoran, Jakarta Pusat, dikutip dari Detik.

Selaku Badan yang menangani evakuasi, Basarnas pun telah menemukan beberapa barang yang diduga milik penumpang serta penggalan badan pesawat. Memang belum ada kepastian berapa jumlah atau kondisi korban hingga isu ini diturunkan. Namun ada beberapa fakta yang tersimpan, dibalik jatuhnya Lion Air JT 610 tersebut. Mulai dari hilang kontak, JT 610 merupakan jenis pesawat gres hingga ada laporan akan kembali menuju ke Bandara Soekarno-Hatta.

13 Menit Setelah Lepas Landas, Pesawat Lion Air JT 610 Hilang Kontak

 Pangkal Pinang sudah dipastikan tidak mencapai tujuan Lion Air JT 610 Jatuh di Daerah Karawang, Berikut Beberapa Fakta yang Berkumandang

Sumber : Tribunnews.com

Tepat  13 menit sesudah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, pesawat ini dikabarkan hilang kontak. Pesawat yang semula akan terbang menuju Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang. Kepala Kantor SAR Pangkal Pinang Danang Priandoko pun memberikan jikalau pesawat hilang kontak semenjak di perairan Kepualauan Seribu di Jakarta Utara. Sampai jadinya Basarnas memastikan bahwa pesawat jatuh di perairan bersahabat kawasan Karawang, Jawa Barat. Lion Air JT 610 pun lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 06.20 WIB menuju Pangkal Pinang.

Lion Air JT 610 pun Melaporkan Akan Kembali ke Bandara Soekarno-Hatta

 Pangkal Pinang sudah dipastikan tidak mencapai tujuan Lion Air JT 610 Jatuh di Daerah Karawang, Berikut Beberapa Fakta yang Berkumandang

Sumber : Tribunnews.com

Kepala Kantor SAR Danang Priandoko Pesawat Lion Air JT 610 pernah melaporkan jikalau pesawat akan kembali ke Bandara Soekarno-Hatta sesudah lepas landas. Namun, sesudah ditunggu-tunggu pesawat tak kunjung datang di bandar udara yang letaknya di Tangerang, Banten tersebut bung. Kemudian posisi pesawat pun hilang kontak di koordinat  05 48.934 S 107 06.384 E. Waktu tempuh yang seharusnya diharapkan untuk menuju Pangkalpinang yaitu 70 menit.

Terdapat Alasan Kenapa Pesawat yang Seharusnya ke Arah Timur,Tapi Malah ke Arah Barat Hingga Jatuh di Karawang

 Pangkal Pinang sudah dipastikan tidak mencapai tujuan Lion Air JT 610 Jatuh di Daerah Karawang, Berikut Beberapa Fakta yang Berkumandang

Sumber : 24flighters.com

Mungkin ini menjadi pertanyaan bung mengapa pesawat yang harusnya berada di sebelah Timur Bandara Soekarno-Hatta, malah lepas landas di bahari sebelah utara Karawang. Ternyata ada klarifikasi terkait hal ini, Manajer Humas AirNav Indonesia Yohanes Harry Sirait pun menjelaskan rute yang ditempuh pesawat ternyata sudah sesuai dengan rute penerbangan.

Menurutnya itu semua sudah sesuai dengan flight plan. Yohanes menjelaskan perimbangan pemilihan rute mencakup kepadatan arus pesawat hingga pertimbangan maskapai, termasuk efisiensi. Apalagi bandara Soekarno-Hatta mempunyai jam sibuk, ini pun mempengaruhi pesawat yang tidak sanggup eksklusif lurus ke utara dari Soekarno-Hatta ke Pangkalpinang.

“Jangan lupa bahwa Soekarno-Hatta di pagi hari itu melayani puluhan traffic. Semua rutenya sudah ada, dan rute yang ditempuh JT 610 memang rutenya dia,” kata Yohanes.

Lion Air JT 610 Adalah Pesawat Baru

 Pangkal Pinang sudah dipastikan tidak mencapai tujuan Lion Air JT 610 Jatuh di Daerah Karawang, Berikut Beberapa Fakta yang Berkumandang

Sumber : LionAir.com

Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyampaikan bahwa pesawat Lion Air JT 610 yaitu pesawat baru, yang gres dua bulan mengudara. Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro juga menyampaikan hal yang sama, sebab pesawat ini gres dioperasikan pada tanggal 15 Agustus 2018. Bahkan ia menambahkan, jikalau pesawat ini dinyatakan layak opersi sebelum dipakai untuk melaksanakan penerbangan komersial.

Namun, Lion Air JT 610 Juga Dilaporkan Mengalami Masalah

 Pangkal Pinang sudah dipastikan tidak mencapai tujuan Lion Air JT 610 Jatuh di Daerah Karawang, Berikut Beberapa Fakta yang Berkumandang

Sumber : 24flighters.com

Performa pesawat gres dari Lion Air JT 610 memang dilaporkan sempat mengalami masalah. Hal ini dinyatakan oleh Manajemen Lion Air, namun perbaikan pun sudah dilakukan semenjak malam tadi. Nyatanya sebelum jatuh di perairan Karawang, Pesawat ini sempat bertolak dari Denpasar ke Jakarta. Berdasarkan informasi yang didapat dari situs flightradar24.com, Lion Air JT 610 bertolak 22.21 WITA, padahal dijadwalkan take off pukul 19.30. Dan Landing di Jakarta pukul 22.56 WIB.

Pesawat ini terakhir terbang dari Denpasar menuju Cengkareng, dalam posisi dirilis untuk terbang. Memang ada laporan mengenai problem teknis dan problem teknis ini sudah dikerjakan sesuai dengan mekanisme maintenance yang dikeluarkan oleh pabrikan pesawat,” ujar Presiden Direktur Lion Air Edward Sirait dalam konferensi pers di Bandara Soekarno Hatta, dikutip dari Detik.

Lebih lanjut, Edward menyampaikan jikalau kondisi pesawat dari Denpasar ke Jakarta sudah dalam kondisi baik. Karena mustahil pesawat diizinkan terbang apabila ada masalah. Edward pun menambahkan bahwa mustahil pesawat tersebut terbang dari Denpasar apabila ia rusak.

Kalau dia rusak mustahil dirilis terbang dari Denpasar, iya. Cuma memang benda bergerak sebagaimana kita ketahui akan sanggup mengalami gangguan sesudah dia mendarat, hanya dikala dia mendarat yaitu laporan dari awak pesawat itu eksklusif kita kerjakan itu yang kita lakukan,” tutur Edward.

Sejak malam itu eksklusif dilakukan investigasi dan perbaikan sesuai dengan petunjuk pabrik pesawat. Namun peristiwa alam terjadi keesokan harinya kitak sekitar pukul 06.20 WIB pesawat yang seharusnya menuju Pangkalpinang dinyatakan jatuh di perairan karawang.

Pemerintah dan pihak bandara telah membuka crisis center dan posko informasi sesudah terjatuhnya pesawat Lion Air JT 610. Crisis center dan posko informasi dibuka di Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Keluarga sanggup bertanya mengenai perkembangan informasi terkait insiden ini.

Nomor kontaknya yaitu 021-80820000, sementara untuk informasi seputar penumpang sanggup menghubungi nomor 021-80820002. Tak hanya itu, crisis center juga disediakan di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta yang bekerja sama dengan Basarnas dan KNKT.