Terdapat Lapangan Berstandar Kelas Dunia Di Tasikmalaya

By | Juli 13, 2019

Nama Desa Cisayong kabupaten Tasikmalaya belakangan ini menjadi materi pembicaraan, lantara terdapat sebuah lapangan sepakbola berstandar kelas dunia berjulukan Lodaya Sakti. Bukan alasannya yaitu tampilannya yang bagus, akan tetapi pemerintah Desa Cisayong merogoh kocek sebesar Rp 1,4 Milliar untuk membangun akomodasi ini, mulai dari  TPT lapangan, perataan tanah, drainase, water sprinkle system, pasir sampai pagar. Demi memenuhi standar kelas dunia, rumputnya pun didatangkan pribadi dari Eropa dengan jenis Zoysia Matrella (ZM).

Zoysia Matrella merupakan kategori rumput berkualitas tinggi dengan kerapatan, elastisitas, kemampuan menahan beban, pemulihan diri, dan perakarannya yang sempurna, sehingga bisa mengurangi risiko cedera bagi para pemain! untuk biaya perawatan Lodaya Sakti sendiri menghabiskan anggaran sebesar Rp 5 juta per bulan.

“Pembangunan sarana olahraga di desa ini sesuai dengan Permendes Nomor 19 Tahun 2017 wacana Penetapan Prioritas Dana Desa Tahun 2018, dan sudah menerima persetujuan dari semua unsur masyarakat,” ungkap Kepala Desa Cisayong, Yudi Cahyudin, dikutip dari Kompas.com.

Sarana yang dibangun di Desa Cisayong ini merupakan bentuk perwujudan program Nawacita Presiden Joko Widodo yang bertema ‘Ayo Bangun Desa’ melalui sektor olahraga dengan membangun satu lapangan olahraga di tiap desa. Nantinya lapangan inia akan disewakan ke masyarakat umum dengan biaya sebesar Rp 500 sekali main.

“Urusan sewa lapangan sementara ini diurus oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Sakti Lodaya. Lalu, khusus untuk training generasi muda, baik sekolah sepak bola atau even turnamen liga akan diurus oleh Sakti Lodaya Foundation,” papar Yudi.