Karena Duduk Perkara Cantrang, Susi Menyemprot Sandiaga Uno Secara Terang-Terangan

By | Juli 9, 2019
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti nampaknya semakin kesal dengan cawapres nomor urut dua, Sandiaga Uno. Pasalnya Sandi merespon curhatan para nelayan Cantrang di Tegal, Jawa Tengah. Bagi bung yang tidak tahu Cantrang, yakni alat tangkap ikan. Di mata bu Susi cantrang dianggap alat tangkap yang tidak ramah lingkungan dan merusak ekosistem laut. Temuan dilapangan pun memnuktikan bahwa cantang dianggap perusak ekosistem bahari yang telah merugikan negara.

Hasil temuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), banyak kapal cantrang yang memodifikasi ukurang mata jaring. Bahkan hingga ada yang memanipulasi ukurang kapal.  Tujuan memanipulasi itu sendiri untuk meningkatkan penghasilan tetapi mengesampingkan pajak, dalam hal ini bung, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) diperkiaran Ibu Susi telah merugikan negara mencapai Rp 13,17 triliun. Dilansir dari Kumparan, Ibu susi pun memberikan satu kata pedas kepada Sandiaga Uno.

“Satu kata saja goblok,” tegas Susi dengan nada kesal.

Untuk itu, KKP telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015. Isinya yakni setiap orang tidak boleh memakai alat penangkapan ikan pukat hela (trawls) dan alat penangkapan ikan pukat tarik (seine nets) di wilayah pengelolaan perikanan negara Republik Indonesia.